Main Area

Main

Pasangan Nikah Dibawah Umur Jadi Viral

pasangan-nikah-dibawah-umur-jadi-viral-muba2956h1562999235.jpg

Pasangan di Desa Ngulak Kecamatan Sanga desa yang menikah di bawah umur

Sanga Desa -  Kementerian Agama Kab.Musi Banyuasin tanggapi Berderannya berita pernikahan dibawah umur antara anak yang baru selesai sekolah Dasar (SD) dengan anak yang duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terjadi di desa Ngulak Kecamatan Sanga Desa Kab.Musi Banyuasin. (13/07/2019).

Dihubungi Melalui VIA telpon, Kepala KUA Kec. Sanga Desa, Andi Subianto, S.HI menyampaikan pelaksananaan pernikahan tersebut digelar dimalam hari. Kantor Urusan Agama tidak tau pasti malam kapan digelarnya pernikahan tersebut.

“yang jelas pernikahan itu memang benar ada dan dilaksankan di malam hari. Kejadian itu dua atau tiga malam yang lewat tanpa sepengetahuan kita. Kedua pasangan masih berumur 14 Tahun, pasangan perempuan baru selesai Sekolah Dasar (SD) dan Pasangan Pria masih duduk di sekolah SMP, kedua pasangan itu juga tidak ada konfirmasi maupun konsultasi terkait dengan prosedur syarat pengajuan nikah ke kantor kita. ”Jelas Andi.

Terkait dengan pernikahan yang dilangsungkan itu, andi menegaskan bahwa pernikahan kedua anak tersebut tidak tercatat atau teradministrasi di Kantor Urusan Agama Kecamatan sanga desa.

"Perlu Kami jelaskan bahwa pernikahan kedua anak itu tidak tercatat di Kantor Urusan Agama Kec.Sanga Desa dan pernikahan yang dilaksanakan itu pernikahan dibawah tangan (Nikah Sirih). Kami selaku pemerintah dalam melaksanakan tugas penghulu dan pencatat nikah, tentu melaksankan tugas dan fungsi sebagai penghulu berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP), dikarenakan kami melakukan pencatatan jika semua berkas syarat sudah lengkap. Dalam proses pengajuan nikah ke KUA juga, kita menerima dokumen berkas pernsyaratan yang sudah di setujui baik antara kedua pasangan,orang tua,maupun Pemerintah desa yang mengeluarkan NA. jika pasangan tersebut masih dibawah umur maka kedua pasangan tersebut harus memiliki surat dispensasi nikah dari kantor pengadilan agama untuk mengajukan berkas ke KUA. Itu artinya kita tidak mengambil keputusan sendiri dalam menjalankan tugas dan fungsi karena beberapa aparat desa dan instasi juga terlibat dalam mengambil keputusan ”tegasnya.

Sementara itu, Kapala Kantor Kementerian Agama Kab.Musi Banyuasin, Melalui Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, Taufiq Fathir, M.HI sangat menyanyangkan pernikahan dibawah umur tersebut. Ia mengatakan Kementerian Agama dalam masalah ini, tidak serta merta kementerian agama sepenuhnya disalahkan. Dikarenakan kementerian agama memproses dan mencatat pernikahan itu berdasarkan aturan dan regulasi.

“Kami tidak bisa menghalangi jika ada pasangan ingin melakukan pernikahan, akan tetapi Kantor Kementerian Agama Kab.Musi Banyuasin melalui Kantor Urusan Agama (KUA) akan memproses dan mencatatkan pernikahan berdasarkan persyaratan yang diatur dalam UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (UU Perkawinan) dan Peraturan Menteri Agama Nomor 11 Tahun 2007 tentang Pencatatan Nikah sudah terpenuhi. Dari informasi yang saya terima langsung dari Kepala KUA setempat (KUA Kec.Sanga Desa), pernikahan yang dilaksanakan oleh kedua anak dibawah umur tersebut merupakan pernikahan yang tidak tercatat dan pernikahan yang dilaksanakan tersebut pernikahan Sirih atau sering kita sebut Nikah Bawah Tangan dan kedua pasangan dibawah tersebut tidak mengajukan berkas persyaratan nikah ke Kantor Urusan Agama” jelas Taufiq.

Taufiq juga berharap kedepan tidak ada lagi pernikahan dibawah umur , Kalau memang ada sebaiknya terlebih dahulu kedua pasanganan maupun orangtuanya melakukan koordinasi ke desa / lurah, KUA, maupun pengadilan agama setempat sehingga keputusan yang diambil dapat terarah sesuai dengan prosedur dan aturan.(ril)


Baca Juga :
Kebakaran Hebat Hanguskan Lima Rumah Di Desa Epil
Pengedar Uang Palsu Dikecamatan Lais Diciduk Polisi
Nekat Mencuri, Apriyansyah Kini Diciduk Polisi
Dodi Reza Langsung Sambangi Korban Kebakaran Desa Epil
Penampakan Harimau Sumatera, Di Banyuasin Bukan Di Muba
Tempat Penyulingan Minyak Dikelurahan Babat Terbakar
Kebakaran Di Desa Lais, Dinsos Muba Salurkan Bantuan

Komentar Anda ?
Advertisment
2017 Mubaonline PT PERUSAHAAN MEDIA ONLINE (PERMIO)